Manfaat Berpusa Di Bulan Ramadhan

Home » , » Manfaat Berpusa Di Bulan Ramadhan
Assalamu ‘alaikum wr wb

Manfaat Berpusa Di Bulan Ramadhan


Mumpung masih bulan ramadhan sobat, hari ini saya akan share manfaat tentang berpuasa, mungkin sobat juga sudah pernah mendengarnya, tapi bagi yang tahu manfaat berpuasa silahkan sobat lihat di bawah ini :
  1. Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

  2. Bagi sobat yang menderita kolestrol puasa jadi lebih bermanfaat karena dapat menurunkan gula darah dan mengendalikan tekanan darah, ternyata puasa juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes, kolestrol tinggi, kegemukan dan darah tinggi.
    Puasa juga dapat menjaga perut yang “penuh” disebabkan karena banyak makan, banyak makan adalah penyebab utama berbagai macam penyakit khususnya “obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya”.

  3. Manfaat lainnya adalah memberi kesempatan pada alat pencerna untuk beristirahat, membersihkan tubuh dari racun dan kotoran yang menumpuk dan merusak kesehatan, menyeimbangkan asam basa tubuh, memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh, serta meremajakan sel –sel tubuh. Peremajaan sel-sel tubuh saat berpuasa organ pencernaan dan organ lainnya berada dalam posisi rileks sehingga kesempatan untuk memperbaiki selsel yang rusak juga menjadi lebih baik, selain itu fungsinya juga lebih meningkat.

  4. Tidak minum air selama puasa ternyata juga sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

  5. Seorang peniliti di moskow telah melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk sizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangi resiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi.

  6. Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.
Sekian dulu ya sobat semoga dengan artikel ini, sobat2 bisa lebih giat berpuasa dan mendekatkan diri dengan Allah,, Amin....
sumber - sumbernya :
Facebook : "klik di sini"
Blog mukhalidillah : "klik di sini"

Wassalamu ‘alaikum wr wb
.
Share this article :